Email sangat penting peranannya dalam bisnis internet. Email berguna untuk
mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Email merevolusi seni dari sebuah
strategi bernama direct marketing. Email membawa pangsa pasar baru, peluang, dan
tantangan baru.
Email menjadikan jalannya komunikasi antara anda dengan pelanggan menjadi semakin
mudah dan murah dibanding sebelumnya. Meski demikian, dasar-dasar direct marketing
belum bergeser. Sebelum membaca email, kita harus membukanya terlebih dulu. Di
sinilah kesempatan anda menarik perhatian mereka. Lakukan ini dengan cepat dan
seketika. Buatlah subject email semenarik mungkin. Subject line memegang peranan
penting, karena ia yang menyebabkan pembaca ingin melihat apa isi email di dalamnya.
Hindari kata-kata yang membosankan. Cobalah utarakan esensi pesan yang anda kirim
dengan dua atau satu kata langsung.
Jika anda menulis tentang cara menghemat uang,
coba tulis “Hemat uang 30 persen”. Jika anda melakukan penawaran khusus yang
berjangka waktu, gunakan kata-kata “Penawaran special hingga 1 Desember 2008.”
Hal yang sama juga berlaku untuk isi pesan (email) anda. Segera ungkapkan fakta yang
paling penting di bagian awal. Buat saja email yang ringkas. Tujuannya untuk memancing
pembaca bertindak. Entah sekadar membalas email, meng-klik situs web anda, atau
bahkan memesan produk atau jasa anda.
Tapi, anda harus hati-hati dalam mengirim email. Jangan mengirim email tanpa ijin karena
sama artinya anda melakukan spamming. Dan pengunjung tidak suka spam. Jika anda
melakukan spamming ini bisa merusak kredibilitas bisnis anda. Ini bahaya untuk
kesuksesan anda, bukan?
Untuk mensiasati hal ini, anda mesti punya kontak email yang memang si pemilik email
setuju anda mengirimi mereka email. Perbanyak daftar ini. Atau, cara lainnya anda
membeli daftar email dari pihak ketiga. Selanjutnya, jelaskan pada pengunjung bahwa jika
mereka tidak ingin berlangganan email anda, mereka bisa keluar secepatnya.
Masukkan links dan alamat situs web anda untuk memudahkan pelanggan mendapat
informasi. Juga agar mereka mudah menghubungi anda.
Tidak ada batas dalam penggunaan email. Silakan perkenalkan produk baru, umumkan
harga baru produk, dan sampaikan fitur baru yang anda punya dengan email. Dan, jika
anda ingin meluaskan jangkauan produk anda hingga pangsa internasional, sebaiknya
pertimbangkan pemakaian bahasa Inggris.
Home »
tips bisnis online
» Kekuatan Email Untuk Bisnis Anda
Kekuatan Email Untuk Bisnis Anda
Posted by Anggun
Posted on 7:43 PM
with 1 comment
artikel yang sangat baguss,,,
ReplyDelete